tentang aku

Foto saya
seseorang yang begitu fanatik dengan mancherter united dan kartu,dan film kesukaan transformers

Selasa, 08 Mei 2012

Cara membuat Kamera Lubang Jarum

Mungkin anda bertanya tanya bagaimana Cara membuat Kamera Lubang Jarum? Ok sebelum membahas lebih lanjut. Kali ini sayaakan mencoba menjelaskan apa itu Kamera Lubang Jarum. Kamera lubang jarum adalah kamera yang pertama kali ditemukan di dunia. Kamera lubang jarum ini tidak membutuhkan lensa, dan menggunakan metode yang benar benar sederhana sekali. Meskipun demikian Kamera lubang jarum juga dapat bekerja dengan baik.  Kamera lubang jarum sendiri menurut sejarahnya telah ditemukan dan dipakai sejak berabad abad silam.
Aristoteles,  Euclid dan Mo Jing telah menggunakan teknik kamera lubang jarum ini. Kamera lubang jarum memang bisa dikatakan sangat sederhana. Cara membuat kamera lubang jarum pun ternyata simple dan mudah. Bahan banhannya juga mudah didapatkan. Yang membuat terkesan lagi, meski telah berbilang penemuan abad lampau, kamera lubang jarum masih dipakai sampai saat ini.  Bahkan berasal dari sinilah sejarah terciptanya kamera kamera canggih dan juga kamera digital.

kamera lubang jarum terdiri atas tiga bagian utama, yaitu ruang film, celah cahaya atau diafragma (aperture) , serta jepretan (shutter). Untuk membuat kamera lubang jarum, diperlukan bahan kaleng (diameter 12 cm; tinggi 17,5 cm), alumunium foil, karton warna hitam, lakban hitam, dan doubletape. Sedangkan alat-alatnya yaitu cutter jarum jahit/paku/bor, dan gunting.
Ray menjelaskan, ada tiga tahapan untuk membuat kamera lubang jarum. Pertama, menyiapkan tabung kamera dengan cara membuat lubang ukuran 0,5 cm persegi pada dinding kaleng untuk meletakkan lensa dan mengecat bagian dalam kaleng dengan cat warna hitam atau gunakan karton hitam.
Kedua, membuat lensa dengan cara melubangi bagian tengah alumunium foil untuk memasukkan cahaya dan tempelkan alumunium foil yang telah dilubangi di bagian luar kaleng dengan lakban hitam. Ketiga, membuat jepretan (shutter/barn door) dengan cara melingkarkan potongan karton hitam/lakban di atas alumunium foil/celah cahaya. Setelah itu, kamera siap untuk digunakan. referensi http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/01/03/kamera-lubang-jarum/.
Ok bagi kalian yang ingin mencoba praktek membuat Kamera Lubang Jarum sendiri bisa berkunjung ke sini. Cara Membuat Kamera Lubang Jarum. Ada gambar beserta video tutorial cara membuatnya. Semoga bermanfaat.sumber

0 komentar:

Posting Komentar